#

Tentang PPLP/D Papua

Tentang PPLP/D




KadisordaPPLP dirintis pada tahun 1984 (Direktorat Keolahragaan Diklusepora Depdikbud) di 8 provinsi dengan cabang olahraga, Sepakbola, Bulutangkis, Tinju, Atletik dan Sepaktakraw.

PPLP di Irian Jaya waktu itu didirikan oleh Direktorat Keolahragaan Diklusepora Depdikbud di Irian Jaya, yakni cabang Olahraga Sepak Bola pada tahun 1986, dengan kesepakatan yang ditanda tangani oleh DIRJEN DIKLUSEPORA dengan Gubernur Papua Izak Hindom waktu itu salah satu kesepakatannya adalah Pemerintah Pusat menyediakan dana pembinaan, sedangkan Pemerintah Daerah Menyediakan Saran dan Prasarana Pendukung Latihan dan Pertandingan, termasuk Pusat Sentra Pengembangan Olahraga Pelajar dan Maket ini sudah di buat oleh Mantan Atlet PPLP Papua (Yusuf Yabde Yabdi, PPLP Tahun 1987).

Pada Tahun 2009 s.d Februari 2013 PPLP berada di Bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua dan Sosial dengan PERDA Nomor 12 Tahun 2013, PPLP kembali di kelola oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, hal ini dilakukan agar PPLP sebagai Lembaga / Unit Kegiatan Olahraga Pelajar lebih Fokus untuk pembinaan, pengembangan Prestasi Olahraga menuju PON XX Papua.

Tujuan pembentukan PPLP Sebagai sarana menghimpun atlet-atlet pelajar dengan minat olahraga yang tinggi dan memiliki potensi / bakat yang baik untuk dikembangkan di daerah. PPLP mempunyai peran strategis dalam upaya peningkatan prestasi olahraga tanpa mengabaikan prestasi akademik sebagai upaya menyongsong masa depan para atlet di Daerah.

Berdasarkan hasil pemutakhiran data Bulan Maret 2009, PPLP telah berkembang di 33 Provinsi dengan membina 24 Cabang Olahraga unggulan daerah dan nasional, antara lain: Atletik, Anggar, Angkat Berat/Angkat Besi, Bola Voli, Bola Basket, Balap Sepeda, Dayung, Gulat, Golf, Judo, Karate, Kempo, Loncat Indah, Pencak Silat, Panahan, Renang, Sepak Bola, Sepak Takraw, Senam, Taekwondo, Tennis Lapangan, Tennis Meja, Tinju dan Wushu.

Pada tahun 2021, pelaksanaan PPLP Papua meliputi 4 cabang olahraga, yakni : Dayung, Atletik, Sepak Bola dan Tinju dengan alokasi Atlet sebanyak 52 Atlet dengan sumber pembiayaan menggunakan dana APBN. Sedangankan pelaksanaan PPLPD Papua meliputi 11 cabang olahraga, yakni : Basket, Bola Voli, Voli Pasir, Taekwondo, Silat, Tennis Lapangan, Renang, Karate, Gulat, Angkat Besi dan Judo dengan alokasi Atlet sebanyak 80 Atlet dengan sumber pembiayaan menggunakan dana APBD.

Aplikasi SIAP Papua

Dalam mendukung pelaksanaan kegiatan PPLP/D Papua tahun 2021, melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua telah meluncurkan Aplikasi SIAP Papua (Sistem Informasi Atlet Pelajar Papua) berbasis Android dan IOS.

Salah satu tujuan diluncurkannya Aplikasi SIAP Papua adalah sebagai media dan sarana informasi terkait progress kegiatan dan perkembangan siswa didik selama mengikuti program PPLP/D Papua. Semua informasi publik tentang PPLP/D Papua termuat pada Aplikasi SIAP Papua ini, diantaranya Profil Atlet PPLP/D Papua, Profil Pelatih, Pembinaan, Seleksi dan beberapa menu utama lainnya.

Aplikasi SIAP Papua dapat di download pada link berikut :

# #
#