#

PEPARNAS XVI Papua 2021

Tentang PEPARNAS XVI Papua






Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) adalah suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet penyandang disabilitas Indonesia. Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya. Dulunya, Peparnas disebut Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas), namun kemudian kata 'cacat' diganti dengan kata 'paralimpiade' seiring perkembangan yang terjadi di dalam organisasi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) Indonesia.

Papua menjadi tuan rumah pelaksanaan PEPARNAS XVI Papua 2021. Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura merupakan lokasi tempat pelaksanaan dan penyelenggaraan PEPARNAS XVI. Penyelenggaraan PEPARNAS XVI diharapkan dapat meningkatkan solidaritas sesama masyarakat Papua dan persahabatan dengan seluruh warga Indonesia dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga diharapkan memacu prestasi olahraga atlet-atlet disabilitas Papua dalam lingkup nasional menuju pentas olahraga dunia, serta meningkatkan pembinaan atlet secara profesional sejak dini.

Atlet-atlet disabilitas (paralimpian) yang bisa berpartisipasi pada Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI Papua 2021 terdiri 4 (empat) jenis disabilitas, yaitu :

Kadisorda

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 12 cabor, yakni :

yang tersebar pada 12 Venue di Kota dan Kab. Jayapura.

Tema penyelenggaraan PEPARNAS XVI Papua 2021 yaitu “BANGKIT SATUKAN TEKAD RAIH KEMENANGAN DI TANAH PAPUA!” dengan Tagline "Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi!". Maskot PEPARNAS XVI bernama Hara dan Wara. Dimana kedua maskot tersebut merupakan burung kasuari atau jenis satwa khas Papua yang dapat dijumpai di kawasan hutan Papua.