#

PON XX Papua 2021

Tentang PON XX Papua






KadisordaPekan Olahraga Nasional (disingkat PON) adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia. Pelaksanaan PON I diselenggarakan di kota Solo pada tahun 1948.

PON XX adalah ajang olahraga nasional utama Pekan Olahraga Nasional, yang diselenggarakan di Papua. Papua berhasil mengalahkan Bali dan Aceh untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX. PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada bulan Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama untuk upacara pembukaan maupun penutupan. Tagline yang diangkat pada PON XX Papua ini adalah "Torang Bisa" yang merupakan bentuk penyemangat khas Papua. Pelaksanaan PON XX Papua semula akan diadakan pada tahun 2020, namun ditunda ke tahun 2021 sehubungan dengan Pandemi COVID-19.

Maskot PON XX Papua adalah dua hewan khas Papua, yakni Kangguru Pohon yang diberi nama Kangpo, dan Burung Cendrawasih yang diberi nama Drawa.

Terdapat empat kabupaten/kota kluster yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON XX Papua, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Cabang olahraga pada pelaksanaan PON XX Papua sebanyak 37 Cabang Olahraga yang dipertandingankan pada 44 venue yang tersebar pada 4 kluster.